02 Februari 2015

Mengenal penyakit asam urat

(source: riversideonline)

Tubuh manusia terdiri atas 206 tulang, tulang-tulang saling berhubungan membentuk sendi (joint) sendi dilapisi oleh jaringan rawan atau kartilago.

Seperti halnya mesin, sendi pada tubuh memerlukan oli untuk melumasi agar tidak ada gesekan. Ketika jaringan sendi ini terkena suatu penyakit yang menyebabkan meradang, maka akan disebut sebagai arthritis. Ada sekitar 100an jenis arthritis. Gout atau penyakit asam urat adalah salah satunya. Gout disebabkan penumpukan kristal asam urat pada sendi.

Sel tubuh memerlukan purin. Purin juga dikeluarkan melalui tubuh sebagai sisa metabolisme berupa asam urat melalui ginjal. Ada hal dimana asam urat tidak dapat dikeluarkan melalui ginjal karena saking banyaknya didalam tubuh dan tetap beredar di pembuluh darah. Seperti halnya garam, dalam bentuk terlarut asam urat tidak dapat terlihat namun, bila dalam keadaan banyak dapat mengendap di sendi membentuk kristal. Kristal ini apabila dilihat melalui mikroskop berbentuk seperti jarum-jarum kecil. Adanya penumpukan di dalam sendi ini dianggap oleh sistem kekebalan tubuh sebagai benda asing, sehingga tubuh bermaksud menyerang sehingga pada tempat endapan dijumpai reaksi inflamasi berupa pembengkakan, kemerahan, dan panas. Demikian bila asam urat menumpuk pada sendi, sedangkan bila menumpuk di ginjal dapat menyebabkan batu.

Baca artikel saya lainnya mengenai penyebab asam urat. di label asam urat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar