02 Februari 2015

Makanan penyebab asam urat, selain makanan juga termasuk keturunan!

Penyebab asam urat bermacam-macam. Keturunan juga berpengaruh terhadap timbulnya asam urat. Sekitar 2 dari 10 orang yang berobat mempunyai riwayat keluarga asam urat. Diet (pola konsumsi) makanan yang mengandung tinggi kadar purin juga berpengaruh terhadap timbulnya asam urat. Seorang dengan asam urat tentu akan familiar dengan makanan yang dilarang oleh dokter seperti makanan ikan laut, organ dalam (usus, hati, jantung, otak, dan lainnya), kacang-kacangan, buncis, dan melinjo.

lezat sih... tapi....mau coba?
(sumber: goutinfoot.org)

Selain itu ada juga karena faktor kegemukan dan obat. Kegemukan tentu harus dikurangi dengan pola makan yang sehat, memperbanyak pengeluaran energi dan mengurangi masukan energi. Obat-obatan yang dapat menyebabkan asam urat seperti obat diuretik (obat ini biasanya diresepkan pada pasien darah tinggi atau pasien jantung) diuretik mempengaruhi pengeluaran air di dalam ginjal. Obat lain seperti levodopa (diberikan pada penyakit parkinson) dan obat golongan salisilat seperti aspirin dapat meningkatkan kadar asam urat.


Timbulnya asam urat kira-kira setelah berumur lebih dari 40 tahun, perlu diketahui bahwa pasien gout tidak harus selalu bengkak. Kira-kira 1 dari 4 penderita gout tidak mengalami pembengkakan.

Baca artikel saya yang lain di label asam urat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar