28 Januari 2015

Sakit kepala migren tidak selalu sakit kepala sebelah.

Sakit kepala migrain

Migrain adalah suatu keadaan yang lebih spesifik dari sakit kepala, tidak semua sakit kepala merupakan migrain.

Migrain biasanya dimulai ketika masih kanak-kanak dan berlanjut sampai dewasa baik dengan intensitas yang membaik atau memburuk, migrain dibedakan menjadi dua subtipe yaitu migrain umum dan migrain klasik.

Pada migrain klasik biasanya penderita akan merasakan suatu gangguan penglihatan seperti titik-titik kecil dan sedang atau garis zigzag. Hal tersebut dinamakan aura.


(sumber: http://iblog.milliyet.com.tr/)


Timbulnya aura biasanya disertai dengan timbulnya sakit kepala yang berat pada satu sisi kepala.

Migrain secara umum biasanya diperburuk adanya suara, cahaya, ataupun aktivitas.

Sakit kepala ini biasanya timbul dalam rentang waktu setengah jam sampai satu jam atau bahkan bisa sampai beberapa jam dan hari.

Mual dan muntah biasanya akan menyertai timbulnya sakit kepala migrain ini.

Migrain klasik biasanya berlangsung singkat, namun biasanya disertai pula dengan efek gangguan neurologis (saraf) yaitu bisa menyebabkan satu sisi badan mengalami kelemahan pada kaki dan tangan untuk beberapa menit atau lebih.

Sakit kepala migrain yang lebih umum dinamakan migrain umum (common migrain) hal ini bila beberapa kriteria dari penyakit migrain klasik tidak nampak maka dimasukkan kedalam kriteria migrain umum. Migrain umum biasanya mengenai keseluruh bagian kepala, beda dengan migrain klasik yang hanya mengenai satu sisi kepala saja, beberapa bahkan tanpa saki kepala, dan hanya gejala mual, muntah, dan gangguan penglihatan.

Penyebab migrain sampai sekaramg tidak diketahui, dulu para dokter berangggapan bahwa timbulnya migrain karena pembuluh darah otak mengalami gangguan dalam menyuplai darah ke otak. Saat ini para dokter percaya bahwa migrain ini berhubungan dengan suatu gen yang mengontrol aktivitas otak

Migrain dipicu oleh faktor tertentu, penderita sendiri harus mencari tahu keadaan apa yang membuatnya terpicu sehingga dapat digunakan untuk mencegah terulang kembainya migrain.
Penderita sebaiknya menghindari rokok, alkohol.

Terdapat beberapa macam target untuk mengatasi keluhan migrain yaitu minum obat yang dapat mempersingkat waktu serangan, meminum obat harian untuk mengurangi seringnya timbul penyakit ini. Beberpa gejala migrain pada wanita dikaitkan dengan siklus menstruasi sehingga pengobatnnya berhubungan dengan terapi hormon. Obat-obat migrain sebenarnya adalah obat yang dikembangkan untuk mengobat epilepsi dan depresi untuk mencegah serangan ulang dengan obat-obatan golongan triptan, pasien ditempatkan di ruang gelap dan sunyi bisa membantu saat serangan. Kebanyakan obat migrain sangat berbahaya terutam yang mempunyai riwayat penyaki jantung. Konsultasi dengan dokter untuk mencapai hasil terapi yang baik dan aman sangat dianjurkan.

1 komentar: