28 Januari 2015

Dokter mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan normal, tapi kok masih sakit? Mungkin Anda mengalami ini!


(sumber gambar: pain.com)

Gangguan somatoform adalah gangguan psikologis seseorang, dimana seseorang merasa dirinya sakit namun tidak ditemukan secra pemeriksaan fisik terdapat penyakit didalam tubuhnya, sakit yang dirasakan nyata dan bukan niat untuk bohong-bohongan.

Gangguan yang dirasakan biasanya menetap lama  atau kronis dan pasien biasanya merasakan sakit yang mengganggu aktivitas pekerjaannya. Pasien biasanya sangat cemas dan membuatnya stress dengan penyakitnya ini.

Pemberian obat-obatan penghilang nyeri biasanya tidak bisa membantu, malah justru bisa terjadi potensi efek samping obat atau penyalahgunaan obat.

Nyeri yang dirasakan biasanya diterapi dengan terapi wicara atau dengan obat antidepresi lebih bekerja dengan baik.

Jenis terapi wicara yang digunakan adalah terapi perilaku kognitif, pada saat terapi akan dijelaskan seperti mengenali saat kapan keluhan sakit memburuk, membuat diri lebih aktif walaupun sedang merasa sakit dan sebagainya.


Pengobatan menggunakan antidepresan biasanya dapat mengurangi rasa sakit dan kecemasan yang terjadi. Antidepresan yang digunakan biasanya berupa golongan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI) seperti fluoxetine (prozac), sertraline (zoloft), paroxetine, citalopram, dan fluvoxamine. Golongan lain yang bisa digunakan adalah golongan serotonin norepinephrine reuptake inhibitors (SNRI) seperti venlafaxine (effexor) atau golongan antidepresan trisiklik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar