05 Februari 2015

Mengenal malaria.

Mengenal malaria
Adalah penyakit disebabkan oleh infeksi parasit plasmodium. Plasmodium masuk kedalam sel darah merah kemudian melakukan pembelahan berkali-kali dan akan berhenti dengan cara si penderita mati atau si plasmodium yang mati karena sistem kekebalan tubuh penderita.

Gejala mirip dengan gejala pada flu secara umum seperti panas, dingin, berkeringat.

Lebih dari 100 jenis plasmodium yang hidup di Bumi, mereka hidup sebagai parasit di dalam tubuh binatang juga manusia. Terdapat empat jenis yang menginfeksi manusia

Falciparum +++
Vivax +++
Malariae ++
Ovale +

di Indonesia paling banyak ditemukan P. falciparum dan vivax, malariae ditemukan juga di Lampung, NTT, papua, ovale di NTT dan papua.

Plasmodium dapat berpindah dengan bantuan nyamuk anopheles betina. Parasit yang disuntikkan bersamaan air liur nyamuk ini dengan cepat bergerak ke hati dan menghindari sistem kekebalan manusia. Parasit kemudian bermultiplikasi disana sampai ribuan kali lipat sebelum bergerak ke pembuluh darah dan menginfeksi sel darah merah.

Hemoglobin adalah makanan bagi plasmodium, plasmodium yang berkembang didalam sel darah merah kemudian bisa pecah. Sel darah merah yang pecah kemudian menginfeksi sel darah merah yang lain. Hal tersebut akan terus berlanjut sampai penderita meninggal atau sampai plasmodium mati karena sistem tubuh manusia.

Plasmodium bisa diisap kembali oleh nyamuk Anopheles yang kemudian bisa menginfeksi manusia lainnya.
Pada keadaan menggigil pasien mungkin juga merasakan sakit kepala, mual, dan muntah, setelah 1-2 jam menggigil badan akan panas, kulit akan panas dan kering. Kemudian, suhu badan turun dan pasien akan berkeringat. Pasien akan merasakan lelah dan mengantuk. Pasien akan baikan setelah tahap berkeringat, namun 2-3 hari kemudian serangan lain timbul ketika darah merah mulai pecah.
Diagnosis biasanya menggunakan apusan darah.

Pengobatan. Klorokuin adalah elemen penting pengobatan, walaupun sekarang sudah banyak jenis yang resisten sehingga kombinasi dengan obat lain diperlukan untuk memberantas penyakit ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar